Manfaat Ketela Pohon atau Singkong

Minggu, 27 Januari 2019

Mengenal beberapa kegunaaan singkong  untuk kesehatan. Singkong adalah tanaman umbi-umbian yang punya beberapa nama yakni ketela pohon, singkong, dan ubi / umbi kayu. Singkong dikenal pula sebagai makanan pilihan untuk sumber karbohidrat tidak hanya beras. Daun singkong umumnya dibangun sayuran alias lalapan. Tidak hanya berguna sebagai sumber karbohidrat, singkong juga punya kandungan serat yang lumayan tinggi.

Manfaat Ketela Pohon atau Singkong


Pada masa Hindia Belanda, ketela pohon ditanam dengan cara komersial di Indonesia kurang lebih tahun 1810, yang sebelumnya diperkenalkan oleh orang Portugis pada abad ke-16 ke Negeri ini dari Brasil. Setelah itu, beberapa makanan olahan dengan bahan dasar singkong mulai hadir, semacam diantaranya; keripik, tape dan juga roti. Nah tahukah Kamu bahwa singkong juga punya beberapa kegunaaan untuk kesehatan tubuh kita? Mari kami simak apa saja kegunaaannya:
Sumber Serat
Singkong juga sanggup menurunkan kadar trigliserida dan menjadi sumber serat yang baik. Faktor ini membikin singkong bisa menurunkan resiko penyakit stroke, kanker usus besar, jantung, dan menolong pengendalian diabetes. kegunaaan singkong ini bisa didapat dengan tutorial dikukus alias direbus.

1. Sumber Karbohidrat
Singkong punya jumlah kalori 2 kali lipat lebih tidak sedikit dibanding kentang. Maka tidak salah apabila singkong menjadi salah satu makanan pokok untuk sumber karbohidrat harian. Dalam 100 gram singkong, tersedia 160 kalori, yang sebagian besarnya terdiri dari zat sukrosa.

2. Protein Tinggi
Singkong memikiki kandungan lebih rendah lemak apabila dibanding sereal dan juga kacangkacangan. Tapi, singkong juga punya kandungan protein yang lumayan tinggi dibanding kentang dan pisang.

3. Vitamin K
Singkong mempunyai kandungan vitamin K yang berguna dalam membangun massa tulang. Vitamin K juga bisa melindungi dan punya peran penting dalam faktor pengobatan pasien Alzheimer dengan tutorial membatasi kerusakan saraf pada otak.

4. Vitamin B kompleks
Tanaman singkong alias ketela pohon adalah sumber vitamin B rumit dan kelompok vitamin semacam riboflavin, thiamin, folates, piridoksin (vitamin B-6) dan asam pantotenat. Riboflavin berkegunaaan untuk menolong pertumbuhan tubuh dan produksi sel darah merah untuk mengurangi dan menanggulangi anemia.

5. Mineral penting
Ketela pohon alias Singkong adalah sumber mineral penting untuk tubuh, antara lain magnesium, tembaga, seng, besi, dan mangan. Jumlah kalium pada singkong berkegunaaan sebagai komponen yang lumayan penting dalam pembentukan sel tubuh dan mengatur tekanan darah. Berdasarkan suatu  penelitian dari Affleap, bahwa salah satu kegunaaan singkong ialah sebagai penurun kadar kolesterol jahat yang tersedia dalam darah.

6. Melancarkan pencernaan
Kandungan Insoluble Fiber ataupun Serat yang tersedia pada singkong tidak larut dalam ir. Serat tipe ini bisa menolong tubuh untuk memperlancar proses buang air besar, dan bisa menyerap dan membuang toksin yang ada dalam usus, jadi pencernaan kami bakal menjadi sehat. Itulah beberapa Khasiat dan Kegunaaan Ketela Pohon alias Singkong yang bisa kami hinggakan, semoga postingan kecil ini berguna dan bisa meningkatkan wawasan kami bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014. freehammond.com. Powered by Blogger.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper
Creative Commons License